Selasa, 25 November 2014

Pengembanggan Karakter Anak Sejak Usia Dini



PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SEJAK
 DI USIA DINI



Karakter yang baik bisa dibentuk terutama sejak anak di usia dini/ balita atau masa kanak-kanak, dalam kehidupan seseorang masa kanak-kanak adalah periode waktunya dalam meningkatkan kecerdasan, emosi, social dan spiritual anak. Ini sangat penting sekali untuk bekal anak menghadapi cobaan atau memilih jalan hidup nantinya ketika mulai beranjak dewasa. Peran orang tua disini sangat penting untuk menanamkan nilai - nilai pendidikan, nilai – nilai agama. Hal ini sangat dibutuhkan cinta, kelembutan dan kasih sayang dalam membentuk karakter si anak.


Pada usia dini 0-6 tahun, otak berkembang sangat cepat hingga 80 persen. Pada usia tersebut otak menerima dan menyerap berbagai macam informasi, tidak melihat baik maupun buruk. Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Karena itu, banyak yang menyebut masa tersebut sebagai masa-masa emas anak (golden age).


Karakter memiliki 3 hubungan yang pasti dialami setiap manusia (triangle relationship), yaitu hubungan dengan diri sendiri (intrapersonal), dengan lingkungan (hubungan sosial dan alam sekitar), dan hubungan dengan Tuhan YME (spiritual). Setiap hasil hubungan tersebut akan memberikan pemahaman kepada anak yang akhirnya menjadi pembentukan karakter dan keyakinan anak. Cara anak memahami bentuk hubungan tersebut akan menentukan cara anak memperlakukan kepada lingkungan sekitarnya. Pemahaman negatif akan berimbas pada perlakuan yang negatif dan pemahaman yang positif akan memperlakukan lingkunganya dengan positif.


Untuk itu, Tumbuhkan pemahaman positif pada diri anak sejak usia dini, salah satunya dengan cara memberikan kepercayaan kepada anak untuk mengambil keputusan untuk dirinya sendiri, membantu anak mengarahkan potensinya dengan cara tersebut anak lebih mampu untuk mengembangkan karakter dengan sendirinya. Biasakan anak bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Pilihan terhadap lingkungan sangat menentukan pembentukan karakter anak. Seperti kata pepatah bergaul dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi, bergaul dengan penjual ikan akan ikut amis. Seperti itulah, lingkungan baik dan sehat akan menumbuhkan karakter sehat dan baik, begitu pula sebaliknya.


Dan yang paling penting adalah membangun hubungan spiritual dengan Tuhan Yang Maha Esa. Hubungan spiritual dengan Tuhan YME akan membentuk si anak untuk mengingat mana yang baik dan buruk, setiap melakukan hal negatif si anak akan selalu mengingat Tuhanya dan berdampak baik kepada lingkungan.


Sekarang kita dapat memahami mengapa membangun pendidikan karakter anak sejak usia dini itu penting. Usia dini adalah usia emas, kehidupan hanya sekali dalam seumur hidup maka dari itu manfaatkan usia emas itu sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar