Selasa, 25 November 2014

Melakukan Konsep 5R




Melakukan Prinsip Konsep 5R


Penerapan ”Konsep 5 R” ini san . Konsep 5 R ini berasal dari 5 kata dan diambil dari bahasa Inggris yaitu Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan kembali), Recycle (Mendaur Ulang), Replace (Menggunakan kembali) dan Replant (Menanam Kembali).
Istilah – istilah ini sering sekali disebutkan dalam upaya untuk melestarikan lingkungan hidup. “Konsep 5 R” memiliki arti masing – masing seperti :

1. Recycle (Mendaur Ulang)



 
Kegiatan ini untuk mengolah kembali suatu barang yang tidak terpakai lagi (Bekas) lalu mengubahnya menjadi barang yang bisa digunakan. Contohnya adalah memanfaatkan dan mengolah sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos.

2. Reuse (Penggunaan Kembali)




Kegiatan ini untuk menggunakan kembali barang atau bahan yang masih bisa digunakan. Contohnya, bohlam yang sudah tidak terpakai, bisa dimanfaatkan untuk menjadi pot bunga.

3. Reduce (Pengurangan)



Kegiatan ini untuk mengurangi pemakaian yang dapat mencemarkan lingkungan dan membiasakan mengurangi kebiasaan melakukan pola konsumsi yang berlebihan. Contohnya, menggunakan listrik secara berlebihan, seperti setelah menggunakan listrik sebaiknya kita mematikanya karena agar lebih menghemat biaya dan energi listriknya.

4. Replace (Penggantian)




Kegiatan ini untuk mengganti pemakaian barang yang kurang ramah lingkungan menjadi yang ramah lingkungan. Cara ini dapat merubah kebiasaan yang mengakibatkan menumpuknya sampah. Contohnya, mengubah kebiasaan menggunakan kontong plastik dengan membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari kain atau plastik yang lebih ramah lingkungan.

5. Replant (Penamanan Kembali)




Kegiatan ini untuk melakukan penanaman kembali. Contohnya, melakukan kegiatan berkebun di halam sekitar rumah. Dengan menanam beberapa pohon, lingkungan akan menjadi indah dan sejuk, membantu mengurangi kontribusi dari pemanasan global.
Dengan menerapkan “Konsep 5 R” ini, kita sudah membantu dalam melestarikan dan memlihara lingkungan agar tidak rusak atau tercemar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar